Dapperclean | Kenapa Kita Harus Mencuci Sepatu Kita Yang Sudah Kotor? - Dapper Clean
Hai Dappers! hari ini Dapper Clean ingin memberi info ke kalian semua masalah kesehatan kalian dalam masaah "Sepatu yang Kotor". Kalian tahu enggak sih guys, banyak penyakit dari kotoran yang ada di sepatu kalian. Karena, sepatu kotor itu ada bakterinya dan akan mengendap di kaki kalian even kalian menggunakan kaos kaki sekalipun. Yuk kita simak apa saja dampak-dampak jika kalian tidak membersihkan atau mencuci sepatu kotor kalian :
kenapa, kita harus, mencuci sepatu, kita, yang, sudah kotor, ?, Dapper Clean
1124
post-template-default,single,single-post,postid-1124,single-format-standard,qode-quick-links-1.0,ajax_fade,page_not_loaded,,qode-title-hidden,paspartu_enabled,paspartu_on_bottom_fixed,qode-theme-ver-11.0,qode-theme-bridge,wpb-js-composer js-comp-ver-5.1.1,vc_responsive

Kenapa Kita Harus Mencuci Sepatu Kita Yang Sudah Kotor? – Dapper Clean

Yuk! Mengetahui dampak sepatu yang kotor untuk kesehatan

 

Hai Dappers! hari ini Dapper Clean ingin memberi info ke kalian semua masalah kesehatan kalian dalam masaah “Sepatu yang Kotor”. Kalian tahu enggak sih guys, banyak penyakit dari kotoran yang ada di sepatu kalian. Karena, sepatu kotor itu ada bakterinya dan akan mengendap di kaki kalian even kalian menggunakan kaos kaki sekalipun. Yuk kita simak apa saja dampak-dampak jika kalian tidak membersihkan atau mencuci sepatu kotor kalian :

 

  • Bau Kaki

Nah, dari yang paling utama saja dulu. Bau kaki itu sangat tidak mengenakan untuk diri sendiri karena hasil penelitian sifat manusia sekarang itu sangat malas mencuci kaki setelah menggunakan sepatu.

Hal ini terjadi karena pada kaki terdapat banyak jaringan keringat. Ketika keringat pada kaki menguap dan bercampur dengan bakteri yang berasal dari sepatu atau kaus kaki yang kotor, dapat menciptakan bau yang tidak sedap. Agar terhindar dari masalah ini, sebaiknya cuci kaki Anda secara teratur dan keringkan dengan benar. Selain itu gunakan kaus kaki yang menyerap keringat, dan ganti kaos kaki sehari sekali jika diperlukan.

  • Pengerasan Kulit/Corn

Corn adalah sejenis kapalan yang berkembang saat sepatu yang ketat menekan kulit secara konstan. Perawatan sederhana melibatkan pemakaian pad busa di atas corn untuk membantu meringankan tekanan. Selain itu, memakai sepatu yang benar dan sesuai dengan daerah kaki yang lapang akan sangat membantu. Itu juga karena sol sepatu kalian terdapat bakteri yang menempel (Biasanya di karenakan kalian tidak menggukanan kaos kaki saat memakai sepatu).

  • Mata Ikan

Sepatu atau kaos kaki yang kotor dan lembab juga dapat menyebabkan kalian terkena masalah mata ikan. Mata ikan atau yang dikenal juga dengan nama veruka plantaris merupakan tumor jinak yang bisa menyebabkan infeksi. Gangguan ini biasanya disebabkan oleh human papiloma virus. Seseorang dapat terinfeksi virus veruka ini melalui luka kecil atau goresan pada kulit. Jika tanpa disengaja terdapat luka atau goresan pada kulit kaki kalian, dan terkontaminasi dengan bakteri yang berasal dari sepatu, maka akan memperbesar peluang seseorang untuk terinfeksi masalah ini. Biasanya mata ikan atau kutil tidak langsung tumbuh atau terlihat, tapi memerlukan waktu beberapa minggu atau bahkan bulan baru kemudian muncul.

  • Sumber Bakteri

Nah, seperti yang tadi di bahas di atas. Sepatu mengendap itu pasti, sangat pasti jadi sumber bakteri. Seorang ahli mikrobiologi, dan profesor dari University of Arizona menemukan fakta bahwa, sebuah sepatu baru yang kemudian digunakan selama 2 minggu untuk beraktivitas dan tidak dibersihkan, memiliki lebih dari 420.000 unit bakteri pada permukaannya. Dua puluh tujuh persen di antaranya adalah bakteri mematikan seperti E.Coli. Selain itu juga terdeteksi terdapat bakteri Klebsiella pneumonia yang dapat menyebabkan pneumonia, dan infeksi aliran darah. Kemungkinan besar bakteri-bakteri yang hinggap di sepatu tersebut, akibat adanya kontak langsung dengan feces yang kemungkinan berada pada toilet umum atau kotoran hewan yang tidak terlihat lainnya. Untuk itu sangat penting untuk kita menjaga kebersihan sepatu, agar tidak menjadi sarang bakteri.

 

 

 

No Comments

Post A Comment